Cara Ampuh Menaklukkan Barcelona; Logis dan Tidak Logis

Laga Barcelona vs Madrid subuh tadi ternyata menjungkalkan ekspektasi para penggila bola. 5-0 bukan skor yang main-main. Ah.. rupanya kita disuguhi lagi sepak bola yang untouchable ala Barcelona, sepakbola yang melangit, sebuah pasing-pasing yang mendewa. Saya pribadi menilai, tim dengan passing terbaik di kolong langit hanya milik Barcelona. Semua pemain mempunyai kemampuan passing di atas rata-rata, meski kita tak mungkir bahwa sebagian besar pemain Barcelona adalah kurcaci-kurcaci, terdiri dari pemain-pemain yang tidak terlalu tinggi. Gaya main serupa hanya dimiliki Arsenal di Inggris tapi tidak sesempurna Blaurgrana. Bahkhan Madrid yang dihuni pemain-pemain berkelas dipaksa bertahan. Ya, bertahan dengan buruk malah. Laga El-Classico yang diharap bakal sengit, ternyata lebih banyak runyam bagi Madrid.

Walau bukan fans Madrid, sejujurnya saya agak kecewa dengan laga tadi subuh. Madrid terlalu parah dipreteli. Tapi biar begitu, laga tadi subuh justru membelalakkan mata kita, bahwa kini kita mungkin agak bingung untuk menerka tim seperti apa yang bisa mengalahkan Blaurgrana. Apakah hanya Inter? Toh, Inter pun kalah di Nou Camp. Apakah tim seaneh Hercules atau Rubin Kazan? Apakah tim-tim Inggris? Saya jadi sedikit ragu. Jika perspektif kita beralih ke Liga Champions, saya jadi kembali bertanya-tanya, apakah mungkin Barcelona terjungkal ? lantas, jika terjungkal oleh tim semacam apa dan bagaimana caranya?

Pertanyaan tersebut menggiring saya untuk sedikit berandai-andai. Andai saja saya menjadi seorang pelatih, tentu saya akan memilih strategi yang tepat untuk berusaha merepotkan Barcelona. Lalu strategi seperti apa yang akan saya pilih?

Berikut sedikit imajinasi cara-cara merepotkan Barcelona, baik secara logis maupun tidak logis, karena toh ini hanya andai-andai saja. Hanya berhayal.

Ini caraku. Simak!!

 

Cara Logis:

  1. Memarkir pesawat di depan gawang. Istilah ini muncul ketika Mourinho mampu menjungkalkan Barcelona tahun lalu, sekalipun itu hanya kalah agregat dan beda tipis. Cara ini adalah menumpuk hampir sebelas pemain di belakang. Memaksa seorang striker untuk turut menjadi gelandang bertahan. Agak sedikit repot memang, tapi mengajak Barcelona bermain terbuka seperti mengajak guyon anjing Pitbull yang lapar. Anda harus siap tergigit. Paling tidak cara ini ampuh membuat mereka bosan. Dengan catatan konsentrasi penuh
  2. Tidak memasang 2 bek sayap, tetapi menggantinya dengan 2 bek tengah yang bernaluri bertahan sangat tinggi. Dengan kata lain, memasang 4 bek tengah sekaligus. Jangan buat 2 bek samping ini membantu serangan. Biarkan keduanya menempel mesra Villa dan Pedro, di kiri dan di kanan. “jangan palingkan mata-mu dari dua orang ini, tempel sampai frustasi”. Itu instruksi yang akan saya berikan pada dua bek ini ^^. Cara ini harus di tempuh karena Barcelona sering memanfaatkan lebar lapangan. Tugas ini pernah sukses diemban Chivu tahun lalu.
  3. Memasang tiga gelandang bertahan sekaligus. Harus gelandang bertahan yang ballwinner, seperti Gatuso, Essien, atau Cambiasso yang punya kecerdikan mengumpan. Menghentikan alur serangan Barcelona sama dengan menghentikan Xavi dan Iniesta. Harus keduanya ! Tiga gelandang ini berfungsi untuk saling meng-cover segala gerak gerik Xavi dan Iniesta. Jangan biarkan mereka lama menguasai bola. Langsung tackle ketika mereka membawa bola. Instruksi sederhana tapi mematikan.
  4. Menjegal itu harus, mencederai lebih bagus. Jegal lebih banyak pemain Barcelona yang membawa bola. Bola boleh lewat tapi tidak dengan orangnya. Habisi saja kakinya, cederai dan selalu waspada kartu merah. Satu kartu kuning tiap pemain tidak apa-apa asal jangan kartu merah. Target utama cederai Messi, Xavi, dan Iniesta.
  5. Biasakan mengganggu tempo permainan. Lakukan wasting time dan pelanggaran kalau perlu. Banyak terjadi pelanggaran dan tendangan bebas cukup efisien untuk mengganggu ritme permainan mereka.
  6. Jangan jaga Messi oleh dua bek tengah tapi jungkalkan Messi oleh semua pemain. Setiap pemain yang paling dekat wajib mengghadang. Cover oleh 2 pemain. Dua bek tengah adalah palang pintu terakhir, ketika yang lain tidak mampu menjegalnya.
  7. Provokasi !! jangan provokasi Messi atau Xavi, tapi provokasi Dani Alves, Pique atau Valdes. Tiga pemain ini lebih terkenal tempramen dibanding yang lain. Jika mereka terpancing berarti pertanda bagus. Tunggu momen untuk mengkartumerahkan mereka.
  8. Perbanyak diving. Merupakan salah satu cara untuk mengulur waktu atau mencari peruntungan lewat bola-bola mati.
  9. Percayakan serangan pada gelandang atau striker yang memiliki keepball yang bagus juga memiliki speed yang baik pula. Peran seperti ini pernah sukses diemban Eto’o dengan Sneijder sebagai pengumpan. Mungkin pula bisa sukses diterapkan pada Arshavin dengan Fabregas sebagai pengumpannya. Atau bisa juga pada pasangan Lampard- Drogba, maupun Pirlo-Movic. Tipe mereka sama.
  10. Perbanyak serangan dari sisi saya. Sektor bek sayap kiri dan kanan Barcelona adalah sektor yang bisa dijadikan celah. Abidal/Adriano dan Alves lebih banyak naik ke depan, di belakang hanya menyisakan Puyol dan Pique.
  11. Berharap mereka bermain buruk atau beberapa pemainnya ditimpa masalah keluarga.

 

Cara tidak/kurang Logis:

  1. Mengancam wasit
  2. Menculik Guardiola. Buat Barcelona terombang-ambing tanpa pelatih
  3. Menembak Messi
  4. Masukan Xavi dan Iniesta ke dalam karung, lalu buang ke laut
  5. Menyebar virus antrax di ruang ganti
  6. Gunakan Vodoo
  7. dan cara-cara kotor lainnya, seperti memberi racun pada makanan mereka atau sekedar mencampur obat pencuci perut

Ini caraku….. Cara-mu ???

P.S: pis ah… untuk para fans Blaurgrana ^.^ ini hanya guyonan, seru-seruan. Saya bukan fans Madrid hanya seorang Romanisti.

2 thoughts on “Cara Ampuh Menaklukkan Barcelona; Logis dan Tidak Logis

  1. Rom s mengatakan:

    bagus juga cara itu, namun ada yg harusnya bisa kita praktikkan, yaitu dengan cara meniru permainan mereka, jangan sampai melepas daging ke harimau lapar (melepas/menembak/mengumpan)tanpa kepastian

    • hgbudiman mengatakan:

      yups,, kalau materi pemain memungkinkan tidak ada salahnya dicoba… sayangnya saya pribadi msh bingung meteri pemain seperti apa yg bs menandingi barca, krn madrid yg tampak menjanjikan ternyata tumbang jg…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: